SELAMAT DATANG...SELAMAT BERJUANG !

Tiada kata Jera dalam Perjuangan.

Total Tayangan Halaman

Sabtu, 09 Mei 2009

Sorot SPORT ~ BASKET BALL: Mandiri, Tidak Dapat Jatah APBN & Dinamis !




Sport Bola Basket...selayaknya kita jadikan "Sorotan" yang bisa jadi contoh menarik. Olah raga ini cukup modis, bagi generasi muda, enerjik dan harus punya stamina prima. Mendribel bola, lari, loncat, body contact yang benar-benar butuhkan stamina. Semenjak tahun 2000 an, Perbasi telah melakukan variasi pertandingan, ada Liga Basket Utama, ada Indonesia Basket League (IBL), ada Liga Basket Mahasiswa dan Pelajar SMA. Inilah salah satu cabang olah raga yang tidak "menerima alokasi APBN" selain Bola Voly.

Yang terlihat sangat dinamis adalah IBL. Kompetisi ini diikuti Klub klub yang bidukung sponsor perusahaan besar. Sebut saja Britama, klub ini didukung oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), beberapa kali juara IBL. Klub klub lain seperti Bhineka Sritex (Solo) didukung oleh perusahaan textil besa, atau IM yang berisi pemain-pemain muda didukung oleh seorang mantan pebasket mahasiswa yang kini jadi CEO perusahaan Pelabuhan peti kemas. Kompetisi ini disponsori oleh iklan perusahaan besar, seperti Bank, Rokok (Djarum, Sampoerna dlsb). Setiap pertandingan, makin menarik, diisi oleh variasi Tari Sorak gadis-gadis yang atletis, muda, sexy dan cantik-cantik, dengan "Gelegar Musik" yang membahana...membakar adrenalin "semangat olah raga" bila kita menyaksikan langsung di Gedung Basket !!...Rasanya kita jadi muda lagi bila berada di gedung itu. Mungkin "dynamic life style" ini yang menjadikan "teman-temanku" yang kini pada jadi "big-boy" sponsor, meski usia sdh menginjak 49 -50 tahun, jadi sehat, segar, dinamis, teriak teriak beri dukungan semangat bertanding, hidup, dan tetap muda ! Untuk menjadi sponsor / membina sebuah Klub...ya harus merogoh kocek saku sekitar Rp.2 hingga 3 milyar, mungkin bisa lebih apabila mendatangkan pemain top/profesional dari luar (AS, Eropa dll).

Kemajuan dan prestasi...Basket bertumpu pada "sponsor murni". Meskipun untuk tingkat ASEAN, kita selalu kalah dengan Philipina, baik untuk tim Nasional ataupun Profesional, tetapi kami "Acungi Jempol" atas perkembangan kompetisi yang kian enerjik...karena "Rp.1" tidak ada dana yang dimakan dari APBN jadi tidak ada yang dikorup. Para pemain yang kini makin tinggi (diatas 185cm), kekar, dan handsome, sudah mulai memperoleh "other income" dari tampilnya Bintang Iklan untuk berbagai produk!...Wow keren-keren !!.

Baiklah sobat....We applaud Your Effort, Noviantika Nasution (Ketum Perbasi,alumni FSUI) dan Dahlan Muhammad (sekjen, alumni ISTN)...kiprahmu secara team-work & organisatoris telah mendinamisir olah raga kita...menyehatkan generasi muda, bertahap nanti akan se meriah NBA di negeri Paman Sam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar