SELAMAT DATANG...SELAMAT BERJUANG !

Tiada kata Jera dalam Perjuangan.

Total Tayangan Halaman

Sabtu, 09 Mei 2009

Bila Good Corporate Governance PLN Kesetrum "Dugaan Korup" 80 Mega Watt..eh Rp.80 Milyar !!




Hari itu Kamis sore, kami kumpul di Cafe Iluni UI KK. Semua mata tertuju pada tayangan TV, penggeledahan ruang kerja Hariadi Sadono, Direktur PLN Luar Jawa Bali di Lt.5 Gd.PLN pusat. HS kini tengah berhadapan dengan KPK karena diduga terlibat korupsi dalam proyek roll out Customer Management System (CMS) PLN Distribusi Jatim senilai Rp. 360 miliar pada tahun 2004-2008. Pada saat itu, Hariadi menjabat sebagai GM Wilayah Jawa Timur PLN. Diperkirakan negara dirugikan sebesar Rp 80 miliar akibat kasus ini.

Nah pertanyaan kami:
1. Apakah dugaan korupsi itu dilakukan "seorang diri Hariadi Sadono" ?
2. Bagaimanakah "Sistem Penganggaran Proyek CMS & Sistem Monitoring Proyek ?
3. Bagaimanah Transparansi BUMN-PLN dan bagaimana E-Procurement Lelang Proyek ?
4. Bagaimana "Sistem Pengawasan intern PLN yang dilakukan oleh: Komisaris, SPI (satuan pengawasan internal), dan Inspektorat Meneg BUMN..?
5. Bagaimanakah "Kehandalan sistem Good Corporate Governance yang didengung-dengungkan oleh Meneg BUMN...yang sebelumnya terkenal gencar membangun Visioner GCG ? Mengingat sejak tahun Meneg BUMN dijabat oleh Dr. Sofyan Djalil.

Wah besar juga ya kalau benar Negara rugi 80 miliar...itu sama saja Setrum bagi 8000 anggota Iluni UI Kontra Korupsi+UKM...yang rata-rata berusaha di sektor Riil-UKM (tukang bakso, warnet, tukang kayu, petani kebun, calo rumah, lsm, pedagang dlsb)....SUDAH PADA KLENEGER Kesetrum 80 Mega Watt !!
Ayo...Kita Monitor & Kontrol terus kasus tersebut, karena kalau kita-kita ini tagihan listrik Telat 1 bulan meskipun hanya Rp.120 ribu...diancam Diputus (DIMAMPUSKAN=DIMATIKAN....Listriknya.

Dan yang lebih penting lagi : Bagaimana ya Kehandalan Sistem Kontrol 3 LAPIS (Komisaris, SPI, Inspektorat) dan Plus Kehandalan GCG nya !!...Itulah yang harus KPK Lakukan: selain KURATIF, juga IMPROVEMENT THE SYSTEM !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar